Macam-Macam Soto di Indonesia


Indonesia memiliki beragam kuliner dari Sabang sampai Marauke yang unik, lezat dan khas. Soto misalnya, hampir di setiap daerah memiliki jenis masakan satu ini. Uniknya, meski dikenal dengan nama soto, masakan berkuah ini memiliki banyak perbedaan, mulai dari jenis, kuah, isi hingga cara penyajiannya.
Cara pas menikmati soto
Waktu yang baik untuk menikmati soto adalah pada saat soto masih hangat. Sebelum, mencampurkan bahan pelengkap seperti kecap, sambal dan jeruk nipis, Anda harus mencicip kuahnya terlebih dahulu. Dengan begitu Anda akan mendapat rasa original rempah soto yang akan membangkitkan selera makan.
Soto Betawi

Masakan berkuah keruh ini menjadi icon makanan khas Jakarta. Ciri khas soto ini terletak pada kuah yang digunakan karena dibuat dari susu murni. Tetapi karena harga susu yang cukup mahal, biasanya kuah soto Betawi di beri tambahan santan. Sebagai isian biasanya lebih sering menggunakan daging sapi, jeroan, dan kaki sapi. Sebagai pelengkap rasa ditambahkan acar, sambal dan emping.


Soto Madura

Siapa yang tak kenal dengan soto satu ini? Selain mudah dijumpai, soto ini juga sering menjadi masakan rumahan. Ciri khasnya, soto ini memiliki campuran isi yang banyak dibandingkan soto lainnya. Seperti soun/bihun, irisan kol, toge, telur rebus, dan ayam.


Soto Surabaya

Penambahan koya kelapa tumbuk dalam kuah soto membuat kuah ini agak keruh dan sedikit gelap. Meski begitu, gurihnya koya bercampur satu dengan kuah, hasilnya cita rasa kuah pun menjadi lezat. Isi campuran soto ini tak jauh berbeda dengan soto Madura.



Soto Kudus

Ciri khas soto Kudus terletak pada cara penyajiannya. Soto biasanya disajikan dalam mangkuk ukuran kecil dan bersama sendok bebek.  Soto ini terdiri dari dua pilihan yaitu soto ayam dan soto daging.



Soto Banjar

Soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan ini akan pas jika dinikmati bersama teman setianya yaitu perkedel kentang. Meski kuah soto berwarna bening, rasa rempahnya sangat terasa. Apalagi jika dihidangkan saat panas, aroma khasnya akan keluar meski belum diicip.



stot,macam-macam soto,nikmatnya soto,resep soto,soto paling enak,soto terlezat

Post a Comment

Berilah Penghargaan dengan memberikan Komentar kepada blog ini, Serta kalau bisa sertakan alamat blog anda biar kita bisa saling Bersilaturahmi :)

Thank you a lot

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...