Minuman Terlezat di Indonesia


Cendol

Cendol merupakan minuman khas Indonesia yang terbuat dari tepung beras, disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan. Rasa minuman ini manis dan gurih. Di daerah Sunda minuman ini dikenal dengan nama cendol sedangkan di Jawa Tengah dikenal dengan nama es dawet. Berkembang kepercayaan populer dalam masyarakat Indonesia bahwa istilah "cendol" mungkin sekali berasal dari kata "jendol", yang ditemukan dalam bahasa Sunda, Jawa dan Indonesia; hal ini merujuk sensasi jendolan yang dirasakan ketika butiran cendol melalui mulut kala tengah meminum es cendol.
Tepung beras diolah dengan diberi pewarna berwarna hijau dan di cetak melalui saringan khusus, sehingga berbentuk buliran. Pewarna yang digunakan awalnya adalah pewarna alami dari daun pandan, namun saat ini telah digunakan pewarna makanan buatan. Di Sunda cendol dibuat dengan cara mengayak kukusan tepung beras yang diwarnai dengan daun suji dengan ayakan sehingga diperoleh bentuk bulat lonjong yang lancip di ujungnya. Di Sunda minum cendol disebut nyendol.
Minuman ini biasanya disajikan sebagai pencuci mulut atau sebagai makanan selingan. Sesuai disajikan disiang hari
Di Kaskus cendol juga terkenal ya, bnyk agan-agan yg minta cendol termasuk ane gan 






Cincau

Wah kalo ini sih sodaranya cendol kan sama-sama ijo .
Cincau ini terbuat dari daun cincau dan aman buat kesehatan. Biasanya kalo agan mau beli ada kok abang-abang kelilingnya. Tapi sekarang ada juga gan yg jualan cincau dicampur sama cendol . Rasanya enak gan dingin-dingin manis. Enak diminum siang-siang gan.




Es Teler

Es teler adalah koktail buah di Indonesia. Alpukat, kelapa muda, cincau, nangka dan buah-buahan lainnya disajikan dengan santan, susu kental manis, daun Pandanus amaryllifolius (biasanya dalam bentuk Sirup Cocopandan), gula dan sedikit garam.
Ramuan ini, diciptakan oleh Murniati Widjaja yang memenangkan kompetisi pada tahun 1982 untuk menghasilkan minuman nasional bagi Indonesia




Bir Pletok

Bir pletok adalah minuman penyegar yang dibuat dari campuran beberapa rempah-rempah, yaitu jahe, daun pandan wangi, dan serai. Minuman tradisional ini dikenal di kalangan etnis Betawi. Agar warnanya lebih menarik, orang Betawi biasanya menggunakan tambahan kayu secang, yang akan memberikan warna merah bila diseduh dengan air panas.
Walaupun mengandung kata bir, bir pletok tidak mengandung alkohol. Minuman ini berkhasiat untuk memperlancar edaran darah. Masyarakat Betawi banyak mengonsumsinya pada malam hari sebagai penghangat.






Es Campur

wah kalo es ini isinya pasti campur-campur(namanya aja es campur) isinya biasanya roti, kelapa, alpukat, agar-agar, kolangkaling, tape, dan pastinya es.
Es campur ini pasti udah melegenda di indonesia. Dari jaman nyokap ane kecil es ini juga udh ada




Bajigur

Bajigur adalah minuman hangat khas masyarakat Sunda dari daerah Jawa Barat, Indonesia. Bahan utamanya adalah gula aren, dan santan. Untuk menambah kenikmatan dicampurkan pula sedikit jahe, garam dan bubuk vanili.
Minuman yang disajikan panas ini biasa dijual dengan menggunakan gerobak yang menyertakan kompor. Bajigur paling cocok diminum pada saat cuaca dingin dan basah sehabis hujan. Makanan yang sering dihidangkan bersama bajigur adalah pisang rebus, ubi rebus, atau kacang rebus.




Wedang Jahe,wedang ronde,dll


minuman ini biasanya dijual malem-malem gan. Dan diminumnya waktu dingin atau habis ujan.Isinya biasanya ada roti,kacang, kolangkaling, kacang ijo, susu,ronde dan air jahe pastinya.
Di kota-kota besar minuman ini sudah jarang dijumpai




Bandrek


Ini minuman khas sunda gan.Jenisnya ada bandrek susu, bandrek jahe,dll. Rasanya enak juga gan.Dihidangkannya waktu dingin-dingin.Sekarang ini versi instannya juga udh banyak dijual gan




Tuak

kalo ,kalo tuak tuh minuman khas orang batak(sebenernya ane bukan orang batak ) dibuat dari air nira yg di fermentasiin trus diambil airnya dari tape tsb ,klo udah lama di fermentasiin nanti air dari tape itu jadi ada alkoholnya winenya indonesia lah ,






Tambahan dari agan Azka.Wafi
Kopi Joss
Kopi Joss adalah kopi tubruk panas yang diberi arang membara. Begitu dimasukin arang maka kopi akan mengeluarkan suara josss yang kencang sehingga terciptalah nama kopi itu.
Minuman ini bisa ditemukan di semua angkringan-angkringan sudut kota Jogja, walaupun bakul yang paling ngetop ya cuma Angkringan Tugu.
Sesuai SK Baginda Sultan, Kopi Joss telah dinyatakan sebagai official beverage di kalangan Kasultanan Ndoyokarta Hadiningrat meskipun Baginda Sultan sendiri lebih sering menyeruput Cappucino Float di Kafe Djambur.




Es Lilin Bandung
Es ini hampir serupa dengan es potong gan, rasanya enak banget. Es ini banyak dijual di daerah-daerah jawa barat. Rasanya mulai dari kacang ijo, coklat, kelapa muda dll. Harganya juga gak mahal kok gan pas buat kantong kita. Nah kalo agan berminat silakan dicoba






Es Pisang Ijo
Es pisang ijo memang cukup popular di banyak daerah selain di daerah asalnya Makasar. Karena emang rasanya yang seger, manis, dan mengenyangkan.
Es yang satu ini dijamin enak dan mengenyangkan. Paduan pisang dan tepung beras plus bubur, sirop dan es serut membuat es ini benar-benar istimewa. Cocok dinikmati saat udara panas dan perut lapar





Hmmm... dah lama kan gak liat makanan kayak gini? Yap, es doger.. jajanan es tradisional yang satu ini memang beda. Rasanya yang khas dan texture nya yang lembut membuat setiap orang yang mencicipi nya semakin tergila-gila. Liat aja tuh kalau lagi ada pesta pernikahan (yang tradisional loh...) di kampung-kampung atau di sebuah rumah di pinggir perkotaan, es doger selalu ada dan selalu dinanti.






Es Tambring
Selain keindahan pantai dan keramahan penduduknya, Bali juga punya potensi besar sebagai tempat wisata kuliner. Bali punya berbagai makanan dan minuman khas yang juga pastinya kan berkesan di lidah anda. Untuk makanan ada ayam betutu dan sate lilit. Untuk minuman, Bali punya es Tambring yang segar.




Es Podeng
Salah satu menu penyegar untuk buka puasa adalah es podeng. Jenis es ini masih menjadi pilihan yang istimewa bagi banyak orang. Salah satu yang cukup ngetop adalah Es Podeng Gareng.
Kendati banyak bermunculan es krim modern, rasa es podeng tak kalah enaknya. Podeng sendiri berasal dari bahasa Madura yang berarti putar atau puter. Jadi es podeng disebut juga es puter.



Es kopyor yang terbuat dari kelapa ini rasanya manis dan ada rasa segarnya dari jeli strawberry, nikmat disajikan dingin. Pas banget deh untuk dijadikan hidangan penutup sewaktu berbuka Puasa, seluruh keluarga pasti suka!





nih tambahan juga gan, asli khas Makassar 
SARABBA
Sarabba adalah minuman khas Makassar yang terbuat dari campuran jahe, kuning telur, gula aren, santan dan merica bubuk. Sarabba cocok untuk mengusir flu, menghangatkan badan, mengeluarkan angin dari tubuh saat masuk angin, paling asik sebagai teman disaat begadang nonton bola.

nah kalo yg di foto itu biasa temennya gan 



sop buah


Sop Buah ahampir sama dengan Es Buah. Hanya saja, campuran buah-buahannya lebih beraneka ragam. seperti belimbing, stroberi, sirsak, alpukat, melon, pepaya, pir, manggis, jambu biji, rambutan, kelapa muda, dan apel. Kalau mau, bisa ditambah dengan durian.
Disajikan dalam mangkuk yang berisi bermacam-macam buah, dengan potongan-potongan es batu di atasnya serta lelehan susu putih kental





sumber : http://livebeta.kaskus.us/thread/000000000000000013864269/minuman-minuman-enak-dari-indonesia

Post a Comment

Berilah Penghargaan dengan memberikan Komentar kepada blog ini, Serta kalau bisa sertakan alamat blog anda biar kita bisa saling Bersilaturahmi :)

Thank you a lot

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...