Sejarah Kucing

Habis buka FB langsung di branda ada Temen yang nge-Post tentang Sejarah Kucing ..



Ternyata yang punya sejarah tidak hanya manusia, Kucing pun ada looo.. langsung aja keburu dingin Topik nya chek di bawah ini



A. SEJARAH KUCING

Dulu kucing adalah binatang liar. Kemunculannya tidak luput dari miacis (sejenis musang yang hidup liar pada 60 juta tahun silam). Binatang inilah nenek moyang bangsa kucing. 


Perkembangan evolusi keluarga kucing terbagi dalam 3 kelompok, yaitu Panthera, Acinonyx, dan Felis. Felis adalah sejenis kucingkecil, salah satunya African Wild Cat (Felis Sylvestris) yang kemudian berkembang menjadi kucing modern. 

Di alam, kucing hidup sebagai pemburu soliter, memangsa tikus kecil, dan burung.

Meski demikian, hingga kini belum ada literatur yang mengungkapkan sejarah kucing mulai dipelihara manusia. Dugaan para ahli sejarah menyatakan kucing hidup berdampingan dengan manusia sejak 5.000 tahun silam. 


Kala itu, penduduk di Mesir memanfaatkan kucing sebagai "penjaga" lumbung gandum untuk menghalau tikus di sepanjang sungai Nil.

Wajar, bila penduduk Mesir menyembahnya sebagai dewi kucing Bastet pada masa 600-200 SM. Bastet dilambangkan dengan kepala kucing yang berarti dewi kesuburan, kehidupan, dan kematian. Begitu agungnya, ada peraturan yang melindunginya. 


Hukuman berat bakal dijatuhkan bila terbukti menyakiti dan membunuhnya.

Kucing juga menjadi tempat terhormat. Ketika kucing mati, pemilik pun memandikannya layaknya anggota keluarga sebelum dimakamkan.


Bahkan, bila pemiliknya meninggal dunia maka jasad kucing juga diikutkan ke pemakaman sebagai perlambang cinta dan keabadian. Hal itu terbukti saat ditemukan 300.000 mumi kucing di kuil Bast. Mereka percaya kucing bisa mempunyai kekuatan magis untuk melihat kebenaran dan kehidupan. 

Itulah sebabnya kucing dipanggil "mau". Sebutan itu mungkin karena suaranya "meaou", tetapi arti sebenarnya adalah "melihat".

Penyebaran kucing ke penjuru pelosok dunia berkat jasa pedagang asal Cina yang berkunjung ke Mesir pada 400-595 M. Dari Cina, kucing-kucing itu menyebar ke Jepang semasa kekaisaran Ichi-Jo. Masuknya kucing ke Inggris atas jasa orang Romawi. 


Penyebaran itulah yang menyebabkan terjadinya kawin silang antarkucing sehingga menghasilkan ras baru yang memiliki ciri fisik dan karakteristik berbeda.

Kucing mengalami domestifikasi begitu sempurna dan mampu berhubungan erat dengan manusia. Secara umum jenis kucing dikelompokkan berdasarkan bulunya, yaitu :


1. Kucing Short Hair
Yang termasuk kucing short hair, antara lain Abyssinian, American Curl, American Short Hair, Rusian Blue, Japanese Bob Tail, British Short Hair, Burmilla, California Spangled Cat, Chartreuse, Bangal Cat, European, Korat, Ocicat, Oriental, Havana, Scottish Fold, dan Tonkinese termasuk kucing yang biasanya sering kita lihat dimana-mana.


2. Kucing Semi Long Hair
Kucing semi long hair diantaranya adalah Turkish Angora, Lake Van Cat, Main Coon, Ragdol, Birman, Norwegian Forest Cat, dan Somali.


3. Kucing Long Hair

Kucing long hair yang paling terkenal dan diminati banyak orang adalah Persian, ada juga kucing ras persia berbulu pendek yang populer disebut Exotic.



B. KEISTIMEWAAN KUCING

Menurut klasifikasi, kucing termasuk keluarga Felis. Ada beberapa keistimewaan kucing, yaitu :


1. Kemampuan kucing beradaptasi di suatu daerah sangat baik. Mereka mampu bertahan hidup dalam berbagai habitat, mulai dari daerah dingin sampai daerah panas, dari daerah yang tandus hingga hutan belantara.


2. Binatang ini diciptakan sebagai pemburu ulung. Kucing mempunyai struktur tulang yang ramping sehingga menjadikan postur tubuhnya ringan untuk berjalan. Apalagi ukuran panjang serta lebar tubuhnya seimbang dan proporsional yang ditunjang otot yang kuat membuat gerakannya semakin lincah dan mampu berlari kencang.


3. Sebagai binatang karnivora (pemakan daging), kucing dilengkapi cakar yang kuat untuk menangkap mangsanya. Cakar dan telapak kaki berguna untuk melompat, lari, dan menahan tubuhnya. Fungsi lainnya, cakar sebgaia alat peraba yang sangat sensitif. Struktur gigi dilengkapi taring yang kokoh untuk mengoyak mangsanya.


by : Jean Cavriany

4 komentar

kucing asli indonesia ada gak yahh.. hehehehe..
mampir di blog gw juga yahhh..
ada yang baru.. http://www.leon21.com/

Reply

@Onky Leonardo Manua

meluncur dengan kecepatan penuh gan kwkw

Reply

Makin keren aja nih blognya ^^
ga sebanding dengan blogku www.rolandjak23.blogspot.com

kalo follow pasti saya folback

Reply

@Roland Dio

blog mu lebih keren kyak nya gannn, page rank mu udah 3

aku masih 2

Reply

Post a Comment

Berilah Penghargaan dengan memberikan Komentar kepada blog ini, Serta kalau bisa sertakan alamat blog anda biar kita bisa saling Bersilaturahmi :)

Thank you a lot

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...